- Rabu, 11 November 2020

UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGIK DESEMBER 2021

UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGIK DESEMBER 2021, Dosen Adhi Prakosa


Ujian akhir mengumpulkan tugas, berikut tugas yang harus dikerjakan secara individu. Nanti tugas akan diupload di Classroom. Harap mempersiapkan mengerjakan tugas ini sejak sekarang. Masih ada waktu lama.  

Format pengerjaan: MS Word, Font Calibri 10 point. 

1. Lakukan riset di internet

Mahasiswa melakukan riset di internet dengan cara mencari di internet tentang perusahaan yang ada di Amerika Serikat, Eropa, Jepang atau Tiongkok (pilih salah satu negara). Cari tahu perusahaan yang sama kategori industrinya dengan usaha bisnis yang kalian kumpulkan di dalam tugas Matriks Analisis EFE. Misalnya usaha yang kalian kumpulkan kemarin adalah usaha Fried Chicken, berarti kalian meriset satu usaha Fried Chicken juga yang ada di Amerika Serikat, Eropa, Jepang atau Tiongkok (pilih salah satu negara).

Lakukan riset mengenai ruang kerja / ruangan perusahaan tersebut, budaya kerja mereka, jam kerja, aturan berpakaian, dll. Juga latar belakang, visi misi dan tujuan sasaran perusahaan. Lengkapi dengan foto-foto yang kalian dapatkan saat meriset di internet. 

Ingat, jangan pilih usaha bisnis yang cabangnya ada di Indonesia. Misal bisnis restoran ayam goreng/kedaikopi maka KFC atau Starbucks tidak boleh. Cari usaha yang tidak ada cabangnya di Indonesia

2. Bandingkan

Kemudian bandingkan dengan usaha bisnis di dekat rumah kalian yang pada tugas lalu sudah kalian buat matriks analisis EFE-nya, lengkapi dengan foto-foto tambahan ( foto asli/real pics)


3. Buat laporan tertulis

Buatlah laporan tertulis Analisis SWOT & bisnis model untuk kedua perusahaan tersebut. Perbandingkan data riset yang kalian lakukan dari perusahaan di internet dengan riset usaha bisnis yang ada di dekat rumah kalian. Untuk video analisis bisnis model akan ditayangkan di minggu depan.


Catatan tambahan: Lakukan parafrasing, buat kalimat dalam laporan dengan kata-katamu sendiri, nggak apa-apa jelek yang penting tidak mengcopy. Copy paste akan dicek, jika terbukti nilai akhir dikurangi  1 tingkat, misal B diturunkan menjadi C. Buatlah laporan sekreatif mungkin, dengan foto, gambar, desain yang menarik, warna yang menarik. 


4. Format laporan

Sampul

BAB 1 Pendahuluan -Latar belakang -Tujuan -Waktu Melakukan Riset 

BAB 2 Pembahasan -Analisis SWOT, Analisis Bisnis Model 

BAB 3 Penutup, Daftar Pustaka, Lampiran-Lampiran



Tidak ada komentar: